SATGAS PPKS UNP LAKUKAN CAPACITY BUILDING UNTUK 30 ORANG RELAWAN

Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Negeri Padang(Satgas PPKS) melakukan capacity building untuk relawan Satgas PPKS UNP pelaksanaan pada, Sabtu (23/9) dengan tema “Bersama berkomitmen mewujudkan kampus yang bebas dari segala bentuk kekerasan seksual”. Capacity building ini dilaksanakan di Ruang Serbaguna Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

Relawan Satgas PPKS UNP adalah proyek relawan anti kekerasan seksual yang berkolaborasi dengan mahasiswa di berbagai fakultas di Universitas Negeri Padang. Gerakan relawan ini diharapkan sebagai katalisator atau pembawa perubahan melalui tindakan preventif di lingkungan fakultas di Universitas Negeri Padang. Relawan ini juga diharapkan sebagai perantara preventif sekaligus melegitimasi status Universitas Negeri Padang sebagai kampus bebas kekerasan seksual.

Kegiatan capacity building yang dibuka oleh Wakil Rektor 1 yang diwakili oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pelaksana Tugas Strategis (LP3S) Prof. Dr. Jamaris M.Pd. Kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih selama 5 jam ini diharapkan dapat memberi pemahaman dan keterampilan mengenai pencegahan kekerasan seksual dari berbagai macam perspektif. Materi kekerasan seksual dan penegakan hukum  diisi oleh Ipda Yosrizal, S. H (Kanit PPA Polresta Solok Kota),  untuk materi pendekatan psikologis terhadap korban kekerasan seksual diisi oleh Dr. Farah Aulia, S. Psi., M. Psi., Psikolog (Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan UNP), simulasi dan pemecahan kasus dan penanganan kekerasan seksual diisi oleh Feni Mardian (Fasilitator pendamping/Para Legal LSM Nurani Perempuan), dan materi isu gender dan kekerasan seksual disampaikan oleh Ketua Satgas PPKS Universitas Negeri Padang, yakni Dr. Fatmariza H, M. Hum. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 30 orang dari elemen mahasiswa yang nantinya akan menjadi anggota relawan Satgas PPKS Universitas Negeri Padang.

Kegiatan capacity upgrading tersebut diharapkan menjadi bekal bagi relawan Satgas PPKS Universitas Negeri Padang untuk menjalankan tugas dan tujuannya menciptakan Universitas Negeri Padang sebagai kampus bebas kekerasan seksual melalui pencegahan  dan usaha preventif lainnya.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *