Pembekalan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada mahasiswa magang PLI Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Negeri padang (Satgas PPKS) melakukan Pembekalan Pembekalan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada mahasiswa magang PLI Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang pada Rabu 19 Juni 2024 bertempat di RSG FMIPA.

Sebagai salah satu fakultas terkemuka di Universitas Negeri Padang (UNP), Fakultas Pariwisata dan Perhotelan memiliki tanggung jawab besar dalam mempersiapkan generasi muda yang siap berkiprah di industri pariwisata dan perhotelan. Selain membekali kompetensi teknis, fakultas ini juga berkomitmen untuk menanamkan nilai-nilai humanisme, termasuk dalam hal pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Dalam upaya mewujudkan lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan seksual, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP secara rutin menyelenggarakan pembekalan bagi mahasiswa yang akan menjalani program Praktik Lapangan Industri (PLI). Materi pembekalan ini mencakup pemahaman tentang definisi, bentuk, dan dampak kekerasan seksual, serta mekanisme pelaporan dan penanganan yang sesuai dengan Peraturan Rektor UNP Nomor 19 Tahun 2022.

Para mahasiswa magang PLI diberikan pemahaman menyeluruh mengenai pentingnya menjaga lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan bebas dari segala bentuk pelecehan atau kekerasan seksual. Mereka juga dibekali dengan keterampilan untuk mendeteksi tanda-tanda kekerasan seksual, melakukan pencegahan, serta mengambil tindakan yang tepat jika menemukan indikasi atau insiden. Selain itu, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP juga menjalin kerja sama dengan pihak industri untuk memastikan mahasiswa magang mendapatkan lingkungan praktik yang kondusif.

Melalui upaya komprehensif ini, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP berharap dapat mencetak lulusan yang tidak hanya profesional, namun juga memiliki kepekaan dan komitmen kuat dalam mewujudkan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan bebas dari kekerasan seksual.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *